Cara Budidaya Cacing Tanah

Kursus Ternak Cacing Tanah | Jual Cacing Tanah Yogyakarta | Peternak Cacing Jogja | Call / WA : 081 904 10 11 13 ( Bpk. Sarjudi )

pasang

Cara Membuat Media Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus

Media merupakan tempat atau sarana hidup buddiaya cacing tanah, media juga bisa di buat dari berbagai macam jenis bahan maupun sampah organik seperti dedaunan, debog pisang, jerami padi, grajen maupun sisa limbah budidaya jamur tiram ( BagLog ) dan lain-lain.

Media menentukan Kwalitas Cacing Tanah Lumbricus Rubellus

Pembuatan media hidup cacing tanah lumbricus rubellus ini juga cukup mudah bahkan hampir semua orang dapat membuat dengan mudah, saya yakin hanya dengan membaca artikel saya mengenai cara membuat media budidaya cacing tanah lumbricus rubellus ini langsung bisa di praktekkan tidak hanya itu tutorial ini juga Insya Alloh mudah di pahami.

Nah berikut ini cara membuat media budidaya cacing tanah lumbricus rubellus.

1. siapkan bahan pembuatan media, bisa menggunakan kotoran sapi atau sampah organik seperti grajen, sisa baglog pada jamur tiram, jerami padi, dan sampah organik lainnya.

2. kemudian busukkan media tersebut dengan bantuan bakteri dengan menggunakan tetes tebu atau bisa menggunakan prodak pengurai seperti Bio Fit dengan menyemprotkan ke media tersebut selanjutnya tutup atau di krakap dengan terpal agar mempercepat proses pembusukan / penguraian terhadap bakteri yang mengandung senyawa bagus untuk pertumbuhan cacing tanah yang akan kita budidayakan.

3. proses ini bisa memakan waktu 1-7 hari tergantung dari kwalitas dan media yang kita olah dengan proses fermentasi, biasanya untuk kotoran lembu atau sapi bisa memakan waktu 3-7 hari. Sedangkan untuk media grajen bisa memakan waktu 3 hari, Kalau ingin cepat ya gunakan limbah atau sisa baglog pada jamur tiram cukup kita diamkan dan kita tutup selama 1-2 hari, sebenarnya tidak melalui proses fermentasi ini sudah sangat bisa dan layak untuk hidup cacing tanah yang kita budidayakan nanti.

4. Pastikan media cacing tanah yang akan kita gunakan untuk budidaya cacing tanah tersebut ber PH sejuk, jika sudah terbiasa hanya dengan memegang media cacing tanah yang akan kita gunakan tersebut sudah tahu, tidak pelu menggunakan alat pengukur PH.


Nah demikian tadi artikel Cara Membuat Media Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus yang biasa saya lakukan di kandang cacing tanah yogyakarta, untuk menambah wawasan dan pengetahuan ternak cacing bisa membaca artikel terkait saya mengenai cara mudah memanen cacing tanah lumbricus rubellus, ciri-ciri cacing lumbricus rubellus atau bisa mengikuti kelas kursus ternak cacing yang saya adakan di kandang cacing yogyakarta.

Sekian dan trimakasih semoga bermanfaat, bila anda membutuhkan bibit cacing tanah seperti cacing tanah tiger, cacing tanah anc, cacing tanah crytasl, cacing tanah lumbricus rubellus bisa kunjungi blog saya dengan klik link Jual Cacing Tanah Yogyakarta atau Peternak Cacing Tanah Yogyakarta.




Ikuti Workshop Online Gratis
--> Jualan Online Modal Blog <--

Cara Membuat Media Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
pasang