Cara Budidaya Cacing Tanah

Kursus Ternak Cacing Tanah | Jual Cacing Tanah Yogyakarta | Peternak Cacing Jogja | Call / WA : 081 904 10 11 13 ( Bpk. Sarjudi )

pasang

Cara Membuat Kandang Budidaya Cacing Tanah

Kandang dalam bidang usaha peternakan terkadang menjadi masalah dan kendala paling besar mengingat nilai investasi untuk membangun sebuah kandang tidak sedikit, begitu juga di bidang usaha peternakan cacing tanah lumbricus rubellus ini.

Berbicara anggaran untuk membangun sebuah kandang peternakan cacing tanah bagi saya tidak usah wah yang terpenting nyaman untuk cacing tanah saja sudah cukup namun perlu di perhatikan juga lingkungan sekitar yang akan kita gunakan sebagai kandang budidaya cacing tanah ini.

Kalau seperti saya yang hidup di pinggiran kota yogyakarta alias ndeso ini ndak jadi masalah pasalnya lingkungan saya sendiri mepet dengan sawah alias rumah mewah ( rumah mepet sawah ) xixxi...

Nah untuk membuat kandang banyak sekali tempat yang bisa kita gunakan untuk kandang budidaya cacing tanah ini, kalau mau buat ya bisa melihat beberapa contoh model peternakan cacing tanah seperti gambar berikut ini :
Kandang Rak Bertingkat Menggunakan Keranjang Buah
Kandang Cacing Dengan Kotak Kayu

Kandang Cacing Dengan Bak

Saran saya jika kita menekuni dunia peternakan cacing dan sudah mempunyai pasar maupun pelanggan bisa menggunakan sistem kandang model peternakan bertingkat / rak seperti pada gambar. Namun jika pingin lebih asik lagi dengan sistem tani yaitu memanfaatkan hamparan kebun mapun sawah dengan membuat bedeng-bedengan seperti pada gambar di atas tersebut.

Cara beternak cacing dengan sistem kandang bedengan ini lebih mudah dan efisien baik dalam pemeliharaan maupun panen, apalagi untuk memanen pupuk organik kascing akan lebih mudah banget.

Cara Membuat Kandang Budidaya Cacing Tanah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
pasang